TERLENA! - KMM MESIR | Official Website
Headlines News :
Home » , , » TERLENA!

TERLENA!

Written By Salman Arif on Selasa, 31 Maret 2015 | 02.35

Oleh: Wahyudi Rahman
Siapa yang tidak akan bangga jika kampungnya dipuji oleh orang? Tokohnya disebut-sebut sebagai lakon sejarah yang penting dan sangat dihargai. Senang sekali rasanya mendengar itu semua. Bahkan mungkin tidak jarang kita langsung larut dalam obrolan sembari membeberkan sederet nama lainnya untuk dibanggakan dan dibicarakan. Menyebut jasa serta apa yang telah diberikan oleh mereka. Tidak lupa pula membandingkan satu sama lainnya. Bisa saja obrolan seperti ini selesai sampai tengah malam. Berjam-jam hanya untuk mengenang masa lalu. Kita bangga dengan masa silam, jangan heran jika ada yang berkata bahwa orang Minang ini sama seperti orang Mesir,  “sama-sama sangat bangga dengan masa lalu”.

Kita bangga ketika ada yang menyebut atau mungkin kita sendiri yang mengatakannya, “Urang awak manjadi tokoh pantiang sastra Indonesia, urang awak manjadi tokoh agamo nan pantiang di negara ko, urang awak jadi negarawan, jadi artis,jadi  jadi jadi…” Maka akan muncul sederetan nama yang dibahas dalam percakapan itu. Tapi hey, itu semua adalah masa lalu, sekarang bagaimana? Tulisan ini bukan berarti mengajak kita untuk tidak menghargai masa lalu, akan tetapi hanya ingin mempertanyakan kepada kita semua, untuk apa kita sibuk mengenang masa lalu jika hanya untuk dikenang begitu saja dan lupa dengan masa kini? Kita terlena! Saya yakin semua tokoh itu tidak mengharapkan namanya disebut-sebut dalam obrolan, jika itu hanya untuk berbangga banggan.

Mengenang masa lalu yang baik adalah ketika kita mampu mengambil pelajaran serta menjadikannya cambukan untuk masa depan, kita memang bangga pada Buya Hamka dengan sederet jasa yang ditinggalkan beliau, dengan tafsir Al-Azharnya, dengan sekumpulan sastranya, tapi jangan terlena dengan kebanggaan, yang sekarang mana? Mana tokoh Minang yang telah mengikuti jejak Buya Hamka? Yang akan menggantikan tongkat estafet dari beliau?

Kita bangga dengan Bung Hatta, Sutan Syahrir, H. Agus Salim dan deretan negarawan lainnya yang telah berjasa untuk bangsa ini, berperan aktif membela dan membangun Indonesia, tapi jangan terlena dengan kebanggaan, yang sekarang mana? Mana tokoh Minang baru yang akan melanjutkan perjuangan bapak-bapak ini ? Kita bangga, kita terlena! Jangan sampai kenangan melupakan kita akan masa kini.





Share this article :
 
Copyright © 2013. KMM MESIR | Official Website - All Rights Reserved
Adress: Block 502 Complex Emarat 1st Settlement New Cairo Egypt Telp: (+202)22478245
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Modified by @salmanpiar