Profil Syaikh Al-Azhar ke 1-5 - KMM MESIR | Official Website
Headlines News :
Home » » Profil Syaikh Al-Azhar ke 1-5

Profil Syaikh Al-Azhar ke 1-5

Written By Salman Arif on Rabu, 11 September 2013 | 12.06

1. Syaikh Muhammad bin Abdullah al-Kharrasyi

 
Beliau adalah Syaikh al-Imam Muhammad bin Abdullah bin Ali al-Kharrasyi, orang pertama yang diangkat menjadi Syaikh al-Azhar. Lahir di desa Abu Kharrasy, markaz Syabrakhit, propinsi Buhayra tahun 1010 H/1601 M.

Beliau dididik oleh para ulama terkemuka, seperti ayah beliau sendiri, Syaikh Jamaludin Abdullah al-Kharrasyi, Syaikh Luqony, Syaikh al-Ajhury, Syaikh al-Syamy dan syaikh-syaikh yang lain. Para syaikh mengajarkan beliau kurikulum al-Azhar, berupa ilmu-ilmu agama, ilmu bahasa, sejarah, mantiq dan ilmu kalam.

Murid Syaikh Muhammad bin Abdullah al-Kharrasyi sangat banyak, lebih dari seratus orang yang menjadi ulama besar, seperti Syaikh Ibrahim bin Musa al-Fayyumy yang menggantikan beliau sebagai Syaikh al-Azhar.

Kehidupan beliau sangat sederhana. Beliau pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan membawanya sendiri.

Beliau selalu berpegang teguh kepada sunnah Nabi dan tidak pernah telat shalat berjamaah di masjid al-Azhar. Madzhab fikih yang beliau anut adalah madzhab Maliki. Beliau menganutnya karena kecintaan beliau yang mendalam kepada Imam Malik.

Beberapa faktor yang menjadikan beliau seorang imam dengan derajat tinggi dalam keilmuan Islam adalah:
- Guru-guru beliau yang alim, seperti Syaikh Jamaludin Abdullah al-Kharrasyi, Syaikh Luqony, Syaikh al-Ajhury, Syaikh al-Syamy

- Banyaknya buku yang beliau baca dan pelajari, seperti al-Kaukab al-Munir syarh al-Jami al-Shaghir, al-Faraid al-Saniyah syarh al-Mukaddimah al-Sanusiyah dan kitab yang lainnya.

- Beliau rajin mengaji di al-Azhar dan madrasah-madrasah yang lain, seperti madrasah al-Iqbighawiyah

- Kunjungan beliau ke negeri-negeri Islam di barat dan di Timur dalam kunjungan ilmiah dan kebudayaan.

Karya-kara beliau:

- Risalah fi Basmalah
- Fathu al-Jalil, fikih Maliki
- Al-Syarh al-Kabir, tentang fikih
- Al-Syarh al-Shaghir, ringkasan al-Syarh al-Kabir
- Muntaha al-Raghbah
- Dan lain-lain.

Syaikh Muhammad bin Abdullah al-Kharrasyi istiqamah shalat Subuh berjamaah sampai akhir hayatnya. Beliau wafat pada tanggal 27 Dzulhijjah 1101 H/ 1690 M. pada usia 90 tahun.

2. Syaikh Ibrahim al-Barmawy
Beliau adalah Syaikh al-Alamah al-Imam Ibrahim bin Muhammad bin Syihabuddin bin Khalid al-Barmawy. Lahir di desa Barma, markaz Thanta, propinsi Gharbiyah.

Masa kecil beliau dihabiskan dikampung dengan lingkungan yang sangat islami. Saat itu di desa Barma terdapat banyak ulama yang mengajarkan ilmu agama dan kebudayaan. Sebut saja, Syaikh Syamsuddin al-Barmawy dan Syaikh Ali al-Barmawy. Konon, lingkungan beliau di desa adalah faktor utama yang menjadikan beliau seorang ulama besar yang disegani.

Syaikh Ibrahim al-Barmawy menghafal al-Qur’an dan belajar di al-Azhar kepada para ulama terkemuka, utamanya kepada Syaikh Abu al-Abbas Syihabuddin Muhammad bin Ahmad al-Qulyuby. Syaikh Ibrahim adalah ulama Syafi’iyyah terkemuka di zamannya. Salah satu murid beliau adalah Syaikh Ibrahim al-Bayumi yang kelak juga diangkat menjadi Syaikh al-Azhar.

Beliau diangkat menjadi Syaikh al-Azhar pada tahun 1101 H. menggantikan Syaikh Muhammad bin Abdullah al-Kharrasyi.

Karya-karya beliau, diantaranya:
- Hasyiyah ala Syarh al-Syaikh al-Qarrafy
- Hasyiyah ala Syarh Abu Qasim
- Risalah fi ahkam fal-qaul haul al-kalb wa al-khinzir ala madzab al-Syafi’i
- Al-mitsaq wa al-‘ahd fi man ta’allama fi al-mahd

Syaikh Ibrahim al-Barmawy telah mewakafkan diri beliau kepada halaqah ilmiyah al-Azhar, hingga pada tahun 1106 beliau meninggalkan al-Azhar dan ummat Islam untuk selamanya.

3. Syaikh Muhammad al-Nasyraty

Beliau lahir di desa Nasyrat, propinsi Kafr al-Syaikh. Beliau menghafalkan al-Qur’an dan belajar di al-Azhar al-Syarif.

Syaikh Muhammad al-Nasyraty adalah ulama Madzhab Maliki terkemuka. Pada tahun 1106 H/ 1694 M beliau diangkat menjadi Syaikh al-Azhar menggantikan Syaikh Ibrahim al-Barmawy.

Beliau dikenal sebagai gudang mutiara keilmuan. Hari-hari beliau dihabiskan untuk mengajar, salah satunya di madrasah al-Aqbahawiyyah (sekarang menjadi perpustakaan masjid al-Azhar). Walaupun tidak meninggalkan karangan ilmiah, tapi beliau mendidik murid-muridnya menjadi penulis handal, seperti Syaikh Abu al-Abbas Ahmad bin Umar al-Dayraby al-Syafi’I, Syaikh Shaleh Abd al-Hayyi bin Hasan bin Zainal Abidin, Syaikh Ahmad bin Hasan bin Abdul Karim al-Syafi’i dan Syaikh Abdul Baqy al-Qulainy yang kelak juga diangkat menjadi Syaikh al-Azhar.
Pada tanggal 28 Dzulhijjah 1120 H/1708 M Syaikh Muhammad al-Nasyraty wafat dan disholati di masjid al-Azhar oleh ribuat umat Islam.

4. Syaikh Abdul Baqy al-Qulayny

Beliau lahir di desa Qulayn, propinsi Kafr al-Syaikh. Desa Qulayn terkenal sebagai desa yang melahirkan ulama besar, di sanalah beliau menghafalkan al-Qur’an dan dasar-dasar ilmu agama.

Syaikh Abdul Baqy al-Qulayny kemudia berguru kepada para ulama terkemuka, utama kepada dua Syaikh agung yang menjadi Syaikh al-Azhar, yaitu Syaikh Ibrahim al-Barmawy dan Syaikh Muhammad al-Nasyraty.

Pada tahun 1120 H/1708 M beliau diangkat menjadi Syaikh al-Azhar menggantikan Syaikh Muhammad al-Nasyraty.

Dalam madzhab fikih beliau menganut madzhab Maliki. Selain menjadi Syaikh al-Azhar, aktifitas beliau sehari-hari adalah mengajar. Beliau terkenal wara’ dan berprinsip untuk menjadikan muridnya orang-orang yang hebat, sehingga karya-karya beliau tidak terkenal. Salah satu murid beliau adalah penulis handal madzhab Maliki, yaitu Syaikh Muhammad Shalahuddin al-Barlasy.

Pada tahun 1132 H/1719 Syaikh Abdul Baqy al-Qulayny menghadap Allah Sang Maha Pencipta.


 5. Syaikh Muhammad Syanan (1065-1133 H/1643-1721 M)

Beliau lahir pada tahun 1065 H. di desa al-Jadyah, sebuah desa di propinsi Buhaira yang saat itu menjadi sentral pertanian Mesir. Setelah menghafalkan al-Qur’an di desa, beliau berangkat ke Kairo untuk menimba ilmu di al-Azhar.

Syaikh Muhammad Syanan adalah seorang kaya raya, bahkan disebut-sebut sebagai orang terkaya di zamannya. Beliau memiliki banyak emas, perak dan budak belian. Namun hal itu tidak memalingkan beliau dari belajar agama dan pada akhirnya beliau menjadi ahli fikih madzhab Maliki paling terkemuka.

Pada tahun 1132 H/1719 M. beliau diangkat menjadi Syaikh al-Azhar menggantikan Syaikh Abdul Baqy al-Qulayny.

Pada masa kemimpinan beliau, masjid al-Azhar mengalami kerusakan di beberapa sudut. Beliau menjadi pelopor renovasi masjid al-Azhar dengan harta beliau sendiri. Selain itu, beliau juga mengirim surat permohonan bantuan kepada Sultan Turki Utsmani, Sultan Ahmad III melalui gubernurnya di al-Qal’ah. Surat permohonan itu ditandatangani oleh beliau sendiri dan beberapa pejabat Mesir serta para pembesar Mamalik. Sultan Ahmad III mengabulkannya dan mengirimkan dana sebanyak lima tas diwani untuk membantu renovasi masjid al-Azhar.

Syaikh Muhammad Syanan mengabdikan diri sebagai pelayan umat Islam. Ilmu beliau menyebar di seluruh penjuru dunia Islam, di Barat dan di Timur. Sampai akhirnya umat Islam kehilangan beliau untuk selamanya pada tahun 1133 H/1721.

Share this article :
 
Copyright © 2013. KMM MESIR | Official Website - All Rights Reserved
Adress: Block 502 Complex Emarat 1st Settlement New Cairo Egypt Telp: (+202)22478245
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Modified by @salmanpiar