Jalin Silaturrahmi, Masisir Sambangi Lembaga Fatwa Mesir - KMM MESIR | Official Website
Headlines News :
Home » , , » Jalin Silaturrahmi, Masisir Sambangi Lembaga Fatwa Mesir

Jalin Silaturrahmi, Masisir Sambangi Lembaga Fatwa Mesir

Written By Unknown on Minggu, 23 Februari 2014 | 07.00


CyberKMM-Sabtu kemarin (22/2) Mahasiswa Indonesia di Mesir (Masisir) berkesempatan untuk mengunjungi Grand Mufti Mesir Prof. Dr. Syauqi Ibrahim ‘Allam di Dar al-Ifta’ Mishriyyah (Lembaga Fatwa Mesir), Darrasah. Kunjungan tersebut diadakan setelah shalat Ashar dan diikuti lebih dari 200 orang Masisir. Acara itu diadakan oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir dan bekerja sama dengan KBRI Kairo.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Syauqi menekankan tentang pentingnya bagi Masisir untuk menimba ilmu di al-Azhar dengan serius. Sebab, ilmu di al-Azhar tidak bisa didapatkan dengan mudah, harus bekerja keras dan membutuhkan waktu yang lama. “Logika atau cara berpikir al-Azhar tidak bisa didapatkan dalam waktu satu hari atau pun satu bulan tapi membutuhkan waktu yang panjang,” tuturnya.

Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan fatwa. Fatwa yang dikeluarkan seorang mufti, kata beliau, bukanlah hal yang gampang. Banyak proses dan jalan yang ditempuh untuk sampai kepada sebuah hukum. “Sebelum (sampai kepada fatwa) boleh atau dilarang,  dibutuhkan proses yang sangat panjang dan harus mengetahui kondisi serta fakta di lapangan,” katanya.

Kemudian, beliau juga menjelaskan bagimana ilmu al-Azhar yang sebenarnya. Beliau mengatakan bahwa ilmu al-Azhar adalah ilmu cinta damai dan tidak mengandung kekerasan. Kata beliau, “Sepanjang seribu tahun, tidak pernah ada Azhari sejati yang menggunakan kekerasan tapi mengobatinya.”

Sementara itu, Presiden PPMI Amrizal Batu Bara menuturkan bahwa acara itu diadakan dalam rangka menjalin hubungan silaturahim dengan Lembaga Fatwa Mesir. “Tujuannya untuk menjalin silaturahim dan mengambil berkah dari wali Allah,” tuturnya.


“Kita juga berharap agar dengan acara ini Masisir bisa menjadi ulama, da’i dan wali Allah,” pungkasnya. (AA)
Share this article :
 
Copyright © 2013. KMM MESIR | Official Website - All Rights Reserved
Adress: Block 502 Complex Emarat 1st Settlement New Cairo Egypt Telp: (+202)22478245
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Modified by @salmanpiar