KBRI Kairo Kunjungi Rumah Gadang - KMM MESIR | Official Website
Headlines News :
Home » , , » KBRI Kairo Kunjungi Rumah Gadang

KBRI Kairo Kunjungi Rumah Gadang

Written By Unknown on Selasa, 06 Agustus 2013 | 18.02


CyberKMM-Senin (5/8) rombongan KBRI Kairo mengunjungi rumah warga Minang di Mesir,  Rumah Gadang yang terletak di kawasan Tagammoa el-Awwal.  Hadir dalam  rombongan tersebut atase pendidikan bapak Fahmy Lukman,  atase pertahanan bapak Kolonel Ipung  Purwadi, atase perdagangan ibu Fetnayeti Winarko, Sekretaris III KBRI Kairo bapak Puji Basuki dan beberapa rombongan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, bapak Kolonel Ipung Purwadi mengingatkan seluruh WNI agar selalu netral dalam melihat konflik politik di Mesir.  “Konflik saat ini merupakan sebuah proses politik, kita harus melihat dengan sikap yang netral,” tutur bapak Ipung. Ia melanjutkan, “Kalau kita ikut-ikut pada salah satu kelompok, maka ketika ketika kita mendukung kelompok kanan kita tidak disukai oleh kelompok kiri dan jika kita mendukung kelompok kiri kita tidak disukai oleh kelompok kanan.” Ia menjelaskan bahwa agar aman hidup di negara orang, warga negara asing harus disukai oleh semua penduduk negara tersebut. “Jadi dengan sikap netral, kita berharap tidak mempunyai musuh,” tandasnya.

Sementara itu, ibu Fetnayeti Winarko, atase perdagangan KBRI Kairo menjelaskan konflik yang terjadi di Mesir dari perspektif ekonomi. Ia menuturkan bahwa konflik politik di Mesir berdampak negatif kepada kondisi perekonomian nasional meskipun ada bantuan-bantuan dari negara lain. “Dari indikator ekonomi yang ada, setidaknya Mesir butuh 2 sampai 3 tahun untuk membangun ekonominya kembali,” tutur perempuan berdarah Minang tersebut.

Setelah itu, bapak Fahmy Lukman, atase pendidikan KBRI Kairo juga ikut mengomentaari konflik yang terjadi di Mesir dalam kaitannya dengan Masisir. Pria berdarah Pariaman tersebut menjelaskan bahwa apapun yang dilontarkan di ruang publik akan dibaca oleh semua kalangan. “Apapun yang disampaikan di ruang publik maka akan dibaca oleh semua pihak. ” Ia menuturkan bahwa apapun yang disampaikan di ruang publik hendaknya jangan sampai merusak hubungan antara Indonesia dan Mesir yang selama ini terjalin dengan baik.

Ia juga menekankan bahwa sebagai kalangan intelektual, mahasiswa tidak boleh menghujat siapapun dengan argumentasi yang tidak masuk akal apalagi seoarang ulama. “Yang tidak saya sependapat, bukan kurang, adalah ketika sebagian kawan-kawan yang menghujat Grand Syekh Azhar Ahmad Thayib dengan argumentasi yang tidak rasional dan intelektual,” pungkasnya.

Meski yang dibahas pada kesempatan tersebut masalah konflik Mesir, namun acara tetap berlansung lancar dan santai.  Semua yang hadir sore itu dihidangkan Sate Padang sebagai menu buka puasa. (AA) 



Share this article :
 
Copyright © 2013. KMM MESIR | Official Website - All Rights Reserved
Adress: Block 502 Complex Emarat 1st Settlement New Cairo Egypt Telp: (+202)22478245
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Modified by @salmanpiar